Pengantar Skor CIBIL dalam Mengubah Lanskap Pinjaman & Kredit

Lanskap pinjaman dan kredit di India telah berubah drastis dalam waktu belakangan ini. Pada bulan Agustus 2000, perusahaan informasi kredit pertama negara (CIC) muncul. Organisasi ini dinamakan sebagai Biro Informasi Kredit (India) Limited meskipun lebih populer dengan akronimnya CIBIL. Entitas tersebut dengan teguh mengumpulkan dan menyimpan catatan kredit baik dari peminjam perorangan maupun perusahaan. Rentang informasi termasuk peminjaman dan pembayaran, relevan dengan kartu kredit dan pinjaman. CIBIL dilisensikan oleh otoritas perbankan tertinggi negara itu Reserve Bank of India (RBI). Selain itu, organisasi terakreditasi diatur oleh Undang-undang Peraturan Perusahaan Informasi Kredit, 2005.

Untuk memotong cerita panjang pendek, CIBIL memberikan manfaat bersama baik kepada debitur dan kreditor dalam menangani masalah utang. Di satu sisi, ini membantu kreditur untuk menjalankan bisnis mereka secara lebih efisien sementara di sisi lain, usahanya terbukti bermanfaat bagi peminjam untuk mencari pinjaman lebih cepat dan dengan suku bunga yang menguntungkan. CIBIL menghasilkan skor kredit tiga digit untuk setiap peminjam. Skor ini biasanya berkisar 300 hingga 900 dan skor 750 dan di atas dianggap baik. Skor kredit yang baik melengkapi peminjam dengan kekuatan tawar yang lebih besar dengan lembaga kredit sambil mencari pinjaman atau fasilitas kartu kredit. Peringkat kredit atau skor secara tepat mencerminkan sejarah kredit peminjam yang ekstensif. Peminjam dengan riwayat pembayaran suara kurang cenderung untuk berubah mangkir.

Terima kasih atas usaha terdedikasi dari organisasi utama ini, mendapatkan pinjaman dan kartu kredit sangat bebas dari masalah hari ini. Dengan demikian, itu adalah fakta tak terbantahkan bahwa peringkat CIBIL yang baik sebenarnya merupakan aset yang sangat baik bagi peminjam untuk mengesankan lembaga kredit. Ada banyak manfaat yang diberikan skor kredit yang bagus. Bank dan lembaga kredit lainnya memproses permohonan pinjaman pemohon yang memiliki peringkat CIBIL lebih cepat. Sebaliknya, hal yang sama disampaikan oleh orang-orang dengan peringkat kredit rendah biasanya diproses kemudian. Selain itu, pinjaman disetujui dengan bunga yang jauh lebih rendah bagi orang-orang yang memiliki sejarah kredit yang mengesankan. Sejarah kredit yang baik juga membantu peminjam untuk mencari hipotek dan pinjaman perumahan hampir seketika.

Untungnya, adalah mungkin untuk meningkatkan peringkat kredit seseorang. Namun, prosesnya memakan waktu dan harus mematuhi norma dan peraturan tertentu untuk mencapai tujuan. Ada beberapa portal online khusus yang secara tegas memberikan informasi tentang aspek tertentu. Sekarang, pada tahap ini orang mungkin bertanya-tanya bagaimana CIBIL mengumpulkan informasi yang relevan dengan sejarah kredit peminjam. Organisasi terkemuka memiliki serangkaian mitra strategis, yang sebagian besar termasuk bank dan lembaga kredit. Entitas-entitas ini didedikasikan untuk memberikan informasi yang diperlukan kepada CIC secara reguler.

India adalah rumah bagi populasi tidak kurang dari 120 juta. Dari populasi besar ini hanya segelintir yang benar-benar memiliki pengetahuan tentang dunia keuangan dan pinjaman. Berkat upaya CIBIL yang berdedikasi dan terpadu, kesadaran kredit di kalangan orang India meningkat pesat. Ini adalah pendahulu yang sangat baik bagi prospek keuangan negara yang mengesankan di masa depan. Orang-orang bahkan dari bagian marginal dari masyarakat sadar tentang menjaga peringkat kredit yang baik hari ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *