Memberi Label Diri dengan "Binge Eating Disorder", "Compulsive Overeating Disorder" atau "Food Addiction"

Hampir setiap buku self-help atau artikel yang saya baca tentang gangguan makan berlebihan atau kecanduan makanan memiliki bagian untuk membantu pembaca memutuskan apakah dia benar-benar memiliki gangguan makan berlebihan, gangguan makan berlebihan kompulsif atau merupakan "pecandu makanan".

Seringkali ada daftar periksa dengan pertanyaan seperti, "Apakah Anda makan lebih banyak daripada yang Anda maksudkan lebih dari 3 kali per minggu?" Atau "Apakah Anda menyembunyikan berapa banyak yang Anda makan?"

Buku-buku atau artikel-artikel ini sering ditulis oleh seseorang yang tidak memiliki pengalaman pribadi dengan pesta makan, atau oleh orang-orang yang percaya pada penyakit adiktif. Dengan mengajukan pertanyaan seperti ini, menurut pendapat mereka, mereka membuat Anda siap untuk menyimpulkan bahwa Anda memiliki masalah.

Menurut pendapat saya sendiri, saya lebih suka mengambil sudut berlawanan: jika Anda tidak yakin Anda memiliki masalah dengan makan, Anda mungkin tidak. Jika Anda memiliki masalah atau kesulitan dengannya, Anda menyadarinya.

Saya tidak akan memposting informasi atau menghabiskan waktu di buku-buku saya atau program-program yang mengajarkan Anda apa pesta makan, makan berlebihan kompulsif atau kecanduan makanan. Ini berbeda untuk semua orang. Jika Anda merasa memiliki masalah, Anda sangat sadar bahwa Anda perlu mencari dukungan untuk itu. Akan menjadi arogan bagi saya untuk memberi label Anda sebagai seseorang yang memiliki masalah jika Anda sangat yakin bahwa Anda tidak memiliki masalah.

Namun, jika Anda membaca ini dan menduga Anda memiliki masalah dengan makan berlebih secara teratur, maka Anda mungkin memiliki masalah untuk ditangani.

Saya menduga asumsi Anda didasarkan pada pengalaman Anda dengan makan berlebihan secara teratur, atau sering berpikir bahwa Anda tahu Anda akan "masuk ke dalam" dan merasa seperti Anda tidak bisa berhenti makan.

Anda mungkin terlibat dalam debat internal tentang apa yang harus dilakukan: makan lebih sedikit pada waktu-waktu tertentu, untuk mencoba menemukan diet dengan makanan yang Anda tidak ingin makan berlebih, untuk makan makanan "aman" hanya jika Anda melakukan makan berlebihan. , dll. Konflik atau ketidakpastian ini sesuai dengan definisi saya tentang "masalah" dengan makanan sehingga tidak membuat Anda bahagia.

Ketika belajar tentang gejala gangguan makan berlebihan atau gangguan makan berlebihan kompulsif, dapat mudah untuk mengambil label "gangguan" dan melihat diri Anda sebagai seseorang yang menderita "gangguan".

Mengapa?

Karena mengambil konsep bahwa Anda memiliki gangguan dan pesta makan Anda adalah gejala itu, tanggung jawab besar dapat diangkat dari bahu Anda.

Saya ingat pernah berpikir ini ketika saya berurusan dengan anoreksia, dan kemudian bulimia, dan kemudian pesta makan. Saya melihat diri saya sebagai seseorang dengan gangguan yang harus saya tangani selama sisa hidup saya. Itu adalah "hal" yang merupakan bagian dari diriku dan membutuhkan manajemen yang konstan.

Mengambil gagasan ini bahwa saya memiliki "gangguan" makan seumur hidup yang hanya berubah bentuk, tidak lagi terlihat seperti saya bertingkah bodoh dan membabi buta. Saya tidak lagi merasa perlu untuk berhenti makan berlebihan, atau memukul diri sendiri karena lemah. Saya hanya melakukan apa yang dilakukan orang-orang dengan gangguan makan.

Meskipun tentu sangat membantu untuk mengenali jika Anda memiliki masalah dengan makanan, ada langkah berikutnya yang akan membuat Anda terjebak atau membantu Anda mengatasi masalah: mengambil tindakan. Dengan melihat bahwa ada sesuatu yang tidak membuat Anda bahagia, kini Anda memiliki dunia kemungkinan yang dapat terbuka karena Anda dapat memilih untuk mengambil tindakan baru yang AKAN menuntun Anda menjadi bahagia.

Anda dapat mengembangkan kemampuan Anda untuk mengenali pikiran-pikiran Anda yang bertentangan di sekitar keinginan untuk makan dan ingin merasa memegang kendali. Pikiran yang saling bertentangan itu adalah hasil dari dua bagian otak Anda dalam konflik … otak hewan "primal" Anda dan otak logis "lebih tinggi" Anda.

Ketika Anda dapat membedakan antara dua bagian dan memahami motivasi di balik keduanya, Anda dengan cepat mendapatkan pengaruh pada diri sendiri dan dapat mengatasi perilaku yang tidak Anda sukai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *